Bolamp. -Lamongan-
Bupati Lamongan, Dr. Yuhrohnur Efendi, MBA gerak cepat (Gercep) melakukan sidak ke lokasi bersama unsur terkait untuk melakukan penanganan, dengan jebolnya Tanggul Waduk Rancang Kecono Kecamatan Lamongan kamis dini hari (7/4/22).

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, datang di lokasi Waduk Rancang Kamis (7/4) siang, bersama tim BPBD setempat dan berkoordinasi dengan muspika serta jajaran instansi terkait untuk melakukan perbaikan tanggul.

Dengan Gerak cepat, tanggul yang jebol lebar kurang lebih 2-3 meter dan panjang sekitar 3-4 meter tersebut diperbaiki menggunakan alat berat serta dibantu dengan alat-alat penanggulangan banjir dari BPBD Lamongan.

“Kita gunakan alat berat untuk menutup tanggul yang jebol dengan tanah yang diperkuat anyaman bambu, Insya Allah nanti bisa teratasi. Karena ini terjadi akibat kapasitas debit air waduk yang sudah sampai pada 97 persen, sehingga tekanan air untuk keluar ini tentunya sangat deras sekali,” ujar Bupati Lamongan.

Saat awak Bolamp di TKP mengamati dampak jebolnya tanggul Waduk Rancang mengakibatkan aliran air ke arah timur dan menggenangi pemukiman. Luberan air setinggi 30-40 sentimeter ini membanjiri 4 RT dengan jumlah terdampak sekitar 150 KK, jalanan desa yang tergenang, 1 tempat ibadah, dan 2 taman pendidikan.

Dugaan sementara disebabkan kondisi tanah tanggul yang sudah kritis dan debit air waduk yang melebihi kapasitas.

Dua hal tersebut bisa saja terjadi, karena kebiasaan beberapa waduk di Lamongan terkadang dialih fungsikan sebagai lahan garapan pertanian, dan perikanan (tambak darurat, red) yang dikelola pihak tertentu.

Keadaan itu membuat tanah tanggul menjadi kritis, karena kebiasaan petani menyemprot rumput yang ada di tanggul dengan obat rumput yang bisa membuat tanah menjadi gembur dan ngrokos (longsor, red) . Belum lagi pengaruh obat-obatan peptisida, insektisida dan pupuk membuat tanah gampang longsor.

“Dampaknya ada beberapa RT dan jalanan yang tergenang. Kebetulan untuk sawah yang ada di sekitaran waduk ini rata-rata sudah panen, sehingga dampak di sawah itu tidak seberapa dirasakan dan bisa terkendali” Ujar Bupati Yes.

Tentang metode yang dilakukan untuk menutupi lubang jebolan tanggul yakni dengan menggunakan bambu. Terkait lama pengerjaan, Bupati berharap dapat diselesaikan secepatnya.

“Semoga satu hari bisa teratasi. Kita lihat tadi metode penutupan jebolan tanggul waduk, jadi kita pasang bambu dulu setelah itu kita tutup dengan tanah. Mudah-mudahan kalau ini sudah teratasi, baru yang besar ini tanggul nya nanti akan kita kuatkan lagi” Janji Yuhronur.

Disaat yang sama masyarakat dusun Dorogede bekerja bakti untuk memperbaiki tanggul yang sering longsor sebagai penangkal arus deras kali Mengkuli dan luberan kali Rancangan dari sisi selatan yg juga jembatannya mengalami ambrol sudah beberapa waktu lalu. ( Fink)

Gerak Cepat Atasi Tanggul Jebol Waduk Rancang Lamongan
Total Page Visits: 1198 - Today Page Visits: 1

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *