Bolamp. -Lamongan- Kemunculan Buaya dibeberapa tempat di pinggir Bengawan Solo yang melintas wilayah Lamongan meresahkan warga yang berada sepanjang tanggul.

Keberhasilan empat warga Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan menangkap seekor buaya, akhirnya bisa diselamatkan oleh BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam)

Rencananya, buaya tersebut akan dititipkan terlebih dahulu ke Maharani Zoo dan Goa Lamongan.

Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) Gresik X Lamongan, Agus Ariyanto mengatakan, buaya tersebut adalah jenis buaya muara atau Crocodylus Porosus dan berjenis kelamin jantan. Panjang 1,80 meter, lebar badan 23 cm.

“Kami langsung ke lokasi (Parengan, red) begitu mendapat informasi ada warga yang berhasil menangkap 1 ekor buaya,” kata Agus Ariyanto kepada wartawan, Jumat (9/7).

Pihaknya akan mencarikan habitat yang cocok untuk buaya muara ini. Namun, untuk sementara akan dititipkan ke Maharani Zoo dan Goa Lamongan di Paciran.

“Sambil mencarikan habitatnya yang pas, kami titipkan di Maharani,” kata Agus dengan santainya.

Menurutnya, di titik lokasi di Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Parengan itu ada empat ekor buaya.

Bahkan menurut warga, buaya yang kerap menampakkan diri adalah buaya berukuran kecil sekitar 2 meter dan buaya yang besar dengan panjang sekitar 4 meter jarang terlihat ke permukaan.

Diberitakan sebelumnya, Kamis (8/7) kemarin, warga Parengan berhasil menangkap seekor buaya yang kerap menampakkan diri di bantaran sungai Bengawan solo.

Kemunculan buaya yang sedang berjemur di bibir Bengawan Solo tersebut sempat diabadikan oleh salah satu warga dan diunggah ke media sosial.

BKSDA Jatim juga telah memasang setidaknya 4 papan peringatan di sekitar lokasi penampakan buaya tersebut agar tidak ada warga yang mendekat.

Lokasi tempat penampakan buaya tersebut memicu penasaran warga dan hampir setiap hari banyak orang yang merapat ke lokasi di Parengan.

Masyarakat dihimbau untuk hati-hati bila pagi-pagi ke bantaran Bengawan solo untuk nyambang ladang atau sekedar mengambil air. Jangan sendirian atau ada temannya bila ke sekitaran Bengawan. (Han Surya/Fink)

4 Warga Parengan berhasil menangkap Buaya Bengawan Solo
Total Page Visits: 487 - Today Page Visits: 1

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *