BOLAMP.NET – LAMONGAN-
Suasana Ramadhan 1445H masih terasa kental dengan adanya banyak hiasan dan sepanduk ucapan Hari Raya iedul fitri dan khotib imam sholat ied
Masyarakat Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Lamongan menggelar tradisi kupatan di Gunung Menjuluk. Hal ini menjadi agenda tahunan mesyarakat tiap lebaran ketupat.

Warga berbondong-bondong membawa ketupat dan lepet untuk dibawa ke lereng Gunung Menjuluk yang berada di selewan Desa Sedayulawas. Setelah itu ketupat dimakan bersama.

Tradisi ini menjadi makin semarak dengan hadirnya inovasi lain yakni agrowisata petik buah melon hidroponik yang resmi dibuka tahun ini.

Meski berada di dataran rendah dan kontur tanah yang relatif asin, tumbuh kembang melon hidroponik ini hidup subur dan membuahkan hasil yang berkualitas.

Kepala Desa Sedayulawas, Heni Firawati mengungkapkan bila tahun ini tradisi kupatan menjuluk juga menghadirkan wisata petik buah melon.

“Pada panen perdana ini di lahan seluas 21×40 meter terdapat 600 pohon dimana 70 persen tanaman mampu menghasilkan buah melon berkualitas baik,” kata Heni, Rabu (17/4/2024).

Untuk harganya, melon sweet net dihargai Rp 25 ribu perkilonya, sementara untuk melon golden dihargai Rp 20 ribu perkilo.

Dijelaskan Heni, bila budidaya melom hidroponik ini dikelola langsung oleh pemerintah desa dengan melibatkan pemuda lulusan sarjana pertanian.

“Kita libatkan pemuda, pengelolanya langsung sarjana lulusan pertanian. Potensi-potensi dan sumber daya desa kita berdayakan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berkomitmen untuk melakukan pembinaan kearah agrowisata terintegrasi.

“Tentu potensi petik melon gunung menjuluk ini akan kita dampingi dan kembangkan dengan konsep wisata terintegrasi,” ucap Bupati Yes.

Saat di acara desa sedayu lawas ini Pak Yes didampingi Wahyudi mantan Kepala Kantor Pendidikan Jawa Timur yang aseli Sedayu Lawas. Ini bukti keberhasilan bapak Bupati dalam memimpin Kabupaten Lamongan dengan kepedulian yang besar pada masyarakat. *(A Kaota)

Pesta Kupatan Gunung Menjuluk dan Panen Melon Desa Sedayu Lawas
Total Page Visits: 441 - Today Page Visits: 2

Navigasi pos