๐™ฑ๐™พ๐™ป๐™ฐ๐™ผ๐™ฟ.๐™ฝ๐™ด๐šƒ -๐™ป๐™ฐ๐™ผ๐™พ๐™ฝ๐™ถ๐™ฐ๐™ฝ-
Menjelang pencoblosan, tepatnya dihari masa tenang ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan Jawa Timur memusnahkan ribuan surat suara rusak dan tidak terpakai.

Adapun suara yang dimusnahkan itu meliputi beberapa kriteria, diantaranya, warna tidak jelas /pudar, rusak pada lipatan, ada sobekan dan lain sebagaimana ketentuannya.

Pemusnahan disaksikan langsung oleh Bawaslu Lamongan dan juga perwakilan Forkopimda Lamongan. KPU Lamongan memusnahkan surat suara rusak dan tidak terpakai di hari terakhir masa tenang Pemilu 2024 di halaman kantor KPU Lamongan, Jalan Basuki Rahmat Lamongan pada Selasa pagi (13/2/24).

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dimana kertas suara dimasukkan kedalam tong hingga tidak bisa lagi dipakai.

โ€œHari ini kami memusnahkan sebanyak 1852 surat suara rusak dan tidak terpakai,โ€ kata ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali usai acara, Selasa pagi (13/2/24).

Sebanyak 1852 surat suara yang rusak dan tidak terpakai itu, rinci Mahrus, terdiri dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 219 lembar, surat suara DPR RI sebanyak 204 lembar, surat suara DPD sebanyak 54 lembar, DPRD provinsi sebanyak 715 surat suara serta surat suara DPRD kabupaten sebanyak 660 surat suara. Pemusnahan surat suara itu, lanjut Mahrus, dilakukan setelah distribusi logistik berupa surat suara tersebut usai.

โ€œPemusnahan surat suara yang rusak maupun tidak terpakai ini merupakan ketentuan dan tahapan yang memang harus dilakukan oleh seluruh jajaran Komisi Pemilihan Umum sebelum pungut hitung berlangsung,โ€ ujarnya.

Komisioner Bawaslu Lamongan, M Farid Achyani mengatakan, pihaknya turut serta mengawasi pemusnahan surat suara yang dilakukan oleh KPU Lamongan ini. Proses pemusnahan pun, tandas Farid, harus disertai dengan berita acara dan disaksikan oleh kepolisian dan pengawas pemilu.

โ€œSebagai bentuk persiapan dan kesiapan pengawasan, Bawaslu melakukan pengawasan secara melekat terhadap proses pengepakan dan pendistribusian sampai dengan ke TPS dalam memastikan logistik tiba secara tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat jenis,โ€ tandas Farid.

Usai pemusnahan surat suara, rencananya KPU Lamongan akan melakukan doa bersama dan santunan anak yatim agar Pemilu 14 Februari besok bisa berjalan dengan damai, kondusif serta aman.โ–ช๏ธŽ(D Swito/S Kaota)

KPU Lamongan Memusnahkan Ribuan Surat Suara Rusak dan Tak terpakai
Total Page Visits: 476 - Today Page Visits: 1

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *