Bolamp. -Lamongan- Sepinya jalanan pusat kota Lamongan di ahir PPKM 9 Agustus, Serombongan Penggowee Sadar Toea melakukan SKSD Sak Karepe Sak Dlurunge dari Waduk ke waduk dengan membawa perbekalan untuk dimasak dan dimakan ditempat yang dituju.

Yang harus diperhatikan terutama Kesehatan Prima, Sepeda kayuh oke, menggunakan masker, jaga jarak, jaga kesopanan dijalan dan ditempat yang dituju. Tak penting pula membawa peralatan dan perlengkapan sepeda.

Sebabyak 19 orang lelaki dan satu perempuan istri bang Sumeh, melantai di jalan beraspal dari Markas etan Kantor Pemda menyusur jalan ahmad Dahlan, jl Vetran, belok menuju Tambakboyo Tikung.

Jalanan sedikit naik turun dan berdebu hingga jelang masuk desa Beru Sarirejo. Disini dulu jalan setapak kini bisa simpangan dua mobil besar, ada Proyek Oye.

” Iya cak, itu disana akan didirikan Pengeboran minyak Beru, alamat rejo sini cak”, kata Nuh dengan meyakinkan

“Ojo mamang cak, iki tempat rekreasi anyar, ojo dienggo gendaan ae(!sambil nunjuk pak tuoa yang Remen Babon) biar daerah ini barokah nantinya’, kata Jizik sambil ngakak…

Setelah melintas jalanan batu kapur putih berdebu sejauh 1,7km sampailah diarea yang penuh mobil proyek dan dua pancangan tiang nenjulang tinggi.

Rua ria riuh, rane selfi ria, melihat alat-alat untuk merubah wajah desa ujung timur yang berbatasan dengan desa paling barat kabupaten Gresik. Tak jauh ketemu rombongan babon babon yang dikomandani ksng Edy Made.

Setelah menemukan tempat asri diujung timur Tlogo Beru, cak Sholik, cak Sumeh, kangMas Yusroh dan kang Rifki yang membawa ubo rampe perbekalan, nuntun sepeda menasuki pematang/tanggul tlogo.

” Awas Rul, kobong”, teriak JiYus mengalihkan perhatian saat mulai menyulut dua kompor gas. Satu untuk godok banyu kanggo wedang kopi, satu kanggo nggoreng dendeng daging segar dan udang windu dari tambak bang Memeh.

” Ayo ambil satu-satu nasi bakar dan pilih ikannya sesuai tulisannya “, perintah sang Bos Sadar.

Nikmat nian perut keroncongan dimanjakan aroma nasi bakar yang luar biasa ini. Tak berlebihsn nikmatnya saat kang Ogut menyodorkan segelas kopi susu dan nescafe plus kapal apinya.

” Mari pak, makan bareng mumpung masih hangat “, kata kang Ery menyodorkan nasi bakar pada serombongan temannya dari korp Adyaksa.

Kenangan indah, kenangan mengesankan diusia senja ini, seakan mengobati rindu masa mudanya saat camping dan masak dikiri tenda saat troubador ngelono jiwo.

Inspirasi hari adalah kebersamaan yang sehat tanpa merasa yang paling. Bagai lidi yang dikumpulkan dan diikat jadi satu bisa untuk menyapu dan membersihkan hidup dari duri duri kehidupan termasuk menyapu agar cepat sirna mbak Corona dari bumiku nan indah ini.

Perjalan Sadar Toea dilanjut kr arah timur dusun Tulung masuk perbatasan drsa Semongko Kecamatan Duduk Sampean dan menjelajah tanah giri.
Salam sehat untuk negeri.

Gowes Sesuka, membelah Perbatasan Lamongan Gresik
Total Page Visits: 379 - Today Page Visits: 1

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *