Bolamp.net -Lamongan-
Pada Pameran otomotif bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid, yang diselenggarakan di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat dan ditayangkan secara virtual melalui website resmi S, pada 15 April 2021 hingga 25 April 2021 ini dijadikan ajang bagi Fin Komodo, untuk memperkenalkan produk mobil listrik buatannya.

Mobil baru tersebut diberi nama Fin Komodo Bledhex yang basisnya dari Komodo KD 250 yang sebelumnya sudah dijual dengan mesin konvensional, KD 250 mengalami perubahan pada bagian belakang, tempat di mana motor listrik dan baterai terpasang.

Menurut Ibnu Susilo, Presiden Direktur Fin Komodo menjelaskan bahwa mobil Komodo Bledhex ini murni buatan dan dikembangkan di dalam negeri.

“Semuanya kami yang produksi sendiri, kami juga sudah membuat motor listrik dan manajemen sistem baterai. Jadi pada Komodo Bledhex ini hanya baterai-nya saja yang beli,” bilang Ibnu pada Bolamp (17/4).
Kombinasi baterai dan motor listrik pada Komodo Bledhex ini, mampu mengeluarkan tenaga maksimal 26,8 hp dan torsi maksimal 70 Nm.
Ibnu mengklaim bahwa tenaga mobil listrik tersebut lebih besar dari mobil yang pakai mesin konvensional.

Mobil listrik tersebut juga sudah pernah dites di jalan raya pada tahun 2019 sejauh 2000 kilometer, dari Labuan Bajo menuju Jakarta, sementara tes di area off road ekstrim di daerah Malang, Jawa Timur, saat Bledhex menunjukkan 1500 kilo meter. Berarti mobil listrik Bledhex sudah mengarungi jalanan sejauh 1500 km.

Ibnu menjelaskan bahwa durasi yang dibutuhkan untuk mengisi baterai membutuhkan waktu selama 3 jam, dari 0 hingga 100 persen.
Dengan daya listrik yang terisi penuh mobil ini bisa melaju sekitar 150 kilometer pada jalur off road, dan sekitar 200 kilometer pada jalur on road.

Mobil ini juga sudah dilengkapi spidometer digital layar sentuh yang dapat sekaligus digunakan sebagai media hiburan.

Mobil juga diklaim kedap air sehingga jika melintas pada jalur dengan air setinggi satu roda masih dikatakan aman.

Nah, di ajang IIMS ini mobil Fin Komodo Bledhex ini bisa dipesan untuk umum. “Kami sudah buka pemesanan bagi yang ingin beli Komodo Bledhex ini, untuk harga sekitar Rp300 juta hingga Rp350 juta, mobil yang sudah dipesan akan dikirim pada akhir tahun nanti,” Ujar Ibnu yang aseli Lamongan Jawa Timur.

Saat dihubungi via phone, Ibnu Susilo menjelaskan awal inspiras mewujudkan Bledhex ini antara lain:
1.Dunia sepakat tahun 2040 semua Negara tidak boleh menggunakan mobil bensin atau diesel dan harus menggunakan mobil/motor listrik.

2.Nampaknya belum sampai tahun 2040, semua Negara sudah pindah ke listrik semua.

3. Biaya per kilometer antara menggunakan bensin atau diesel, menggunakan listrik lebih murah.

4. Mobil/motor listrik merupakan mobil yang ramah lingkungan sehingga udara kita nantinya akan bersih dan bebas polusi.

5. Mobil listrik tak usah beli bensin di SPBU, cukup di charge di rumah.

Ada rasa sesegera ingin memiliki mobil listrik,karena mobil listrik merupakan mobil masa depan yang ramah lingkungan dan bisa menyehatkan kita semua. Sudah waktunya kita berfikir untuk mengganti mobil konvensional dengan mobil/motor listrik. ( Fin Katiq)

Mobil Listrik Bledhex Fin Komodo, Buatan Anak Bangsa di Cimahi
Total Page Visits: 441 - Today Page Visits: 1

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *