Bolamp.net   – Lamongan rabu (30/9) -. Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diwakili seluruh OPD, Camat, Kepala Sekolah tingkat SMA/SMK dan SMP se Lamongan berkumpul di Pendopo Lokatantra guna mengikuti apel ikrar Netralitas ASN dalam Pilkada Lamongan desember mendatang.

Bupati Lamongan H. Fadeli mengajak seluruh ASN agar berhati-hati men jelang Pilkada serentak terutama dalam bermedsos. Namun Fadeli meyakini  ASN Lamongan mampu secara bijak dan professional dalam menjaga Netralitas di Pilkada.

” Konsekwensi menjadi ASN apalagi saat music Pilkada seperti ini sangatlah berat. Kinerja kita diawasi, dipantau. Saya ingatkan untuk berhati-hati saat bermedsos, jangan sedikit- sedikit update status, kirim gambar kirim video, apalagi yang mengarah pada paslon tertentu”, kata Fadeli saat memberikan pembinaan dalam Apel ikrar Netralitas ASN.

Fadeli nengakui, tidak mudah bagi ASN untuk netral,hal ini karena ASN juga memiliki hak asasi yang  sama dengan warga Negara lainnya. Namun Fadeli yakin ASN Lamongan akan professional dan mampu menjaga netralitas.

“Selain sebagai ASN, kita juga warga Negara yang memiliki hak asasi yang sama dengan yang lainnya. Silahkan memiliki siapa saja tapi harus cerdas, harus professional. Karena Ada sangsi yang me nunggu jika tidak netral”, ujarnya disambut tepuk tangan membahana.

Ikrar Netralitas ASN dibacakan oleh Sekda yang baru dilantik beberapa hari lalu Heri Pranoto untuk mengingatkan agar tetap menjaga dan menegakkan principles Netralitas ASN dalam melaksanakan  fungsi pelayanan publik  bail sebelum, selama  sesudah pelaksanaan Pilkada serentak desember 2020.

Juga ASN harus menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktek intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat. Apalagi secara sembunyi menjadi teamses dibawah tangan atau bermuka ganda, serta mengikuti salah satu paslon lantaran istri atau Kerala dari pimpinannya.

Secara terpisah ketua Bawaslu kabupaten Lamongan Miftahul Badar mengspresiasi upaya Fadeli dalam komitmennya terhadap Netralitas ASN.

“Kami pihak Bawaslu mengucapkan terima kasih kepada Bapan Bupati dan Pemkab Lamongan yang pro aktif terhadap kasus Netralitas ASN. Upaya kita saat ini lebih kepada membersamai, menjaga ASN agar bisa netral, sehingga sebelum adanya potensi ke tidak netralan, kita sudah mencegahnya”, ujarnya dengan suara lirih.

Miftahul Badar juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga rasa aman hingga Pilkada berahir nantinya. Masyarakat antusias datang ke tps dengan bekal hati nurani bukan datang karena terbeli atau tergadaikan oleh sekelompok orang saat menawarkan dagannya. Jangan memilih kucing liar atau kucing burik dalam karung. (Arifin Katiq)

 

Apel Ikrar Netralitas ASN di Pilkada Serentak Desember 2020
Total Page Visits: 185 - Today Page Visits: 1

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *