Lamongan, Bolamp.net.

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di Lamongan minggu 15 September 2019 berjalan, kondusif, aman terkendali. Sebanyak 897 calon dari beberapa profesi memperebutkan posisi Kepala Desa di 285 desa. Yang menarik beberapa kontestan merupakan pasangan suami istri, paman dan keponakan yang rata2 incamben tiada pesaing.

” Alhamdulillah, berdasarkan laporan sementara, Pilkades serentak hari ini (15/9) berjalan aman dan lancar. Insya Allah sampai selesai juga akan tetsp kondusif. Terima kasih kepada masyarakat Lamongan yang bertambah dewasa dalam berdemokrasi”, ujar Bupati Lamongan dalam safari sidak pelaksanaan pilkades menggunakan menggunakan sepeda motor.
Didampingi Wabup Kartika Hidayati, Kapolres AKBP Feby Hutagalung, Dandim Letkol inf Sidik Wiyono, Sekretaris Kabupaten Yurohnur Efendi, serta pejabat terkait.

Menurut kabag Pemdes Lamongan Abdul Khowi, Pilkades kali ini bisa diikuti siapapun yang memenuhi syarat, tidak ada pengecualian. Asalkan tidak tersandung kasus hukum, dan berharap berjalan lancar.

Kreatifitas penyelenggara pilkades kali ini variatif sekali, umumnya agar bisa menarik masyarakat agar segera datang ke Tps serta ada suasana baru. Seperti di Desa Latukan kecamatan Karang Geneng berpakaian Superhero yang lagi ngetren untuk petugas pengamanan, panityanya berbaju adat Bali. Ada pula pesertanya memakai baju Pengantin karena pesertanya suami istri, plus menyediakan doorprize.

Semoga masyarakat Lamongan setelah ini, sesegera mungkin untuk secepatnya membangun desanya, terutama menyatukan masalah sosial dan perbedaan pilihan di pilkades, menjadi kekuatan untuh, rukun, selalu senyum, sapa dan tetap bergotong royong, seperti di desa Pancasila Desa Balun kecamatan Turi setelah terpilihnya kembali Khusairi bertarung melawan istrinya sendiri dengan senyum kemenangan. (Fink)