Bolamp.net -Lamongan- Selasa 22 desember tepat peringatan Hari Ibu, yang laki-laki memanjakan istrinya atau ibunya untuk tidak memasak hari ini. Duduk manis yang laki memasak atau membelikanya, epok-epok sebagai penghormatan sehari namun bermakna.

Aneka makanan unggulan khas Lamongan mulai Soto, nasi boranan, pecel lele, tahu campur, tahu tektek, ikan wagal dan jambal, sego kalongan, wingko babat, dan kini lagi viral kikil cak yono Agro Babat yang menggigit rasanya.

Siang ini panas menyengat sekaligus diatas awan menggantung semoga sore ini tidak ada guyuran air seperti hari hari kemaren. Berlima kompak menuju Agro sejauh 28 km arah barat.

Setelah parkir menuju rombong, sudah antri laki wanita pakai masker guna memperoleh jatah seporsi kikil dalam mangkok yang berkaldu kuning gurih pedes. Ah.. Ada sesuatu yang terasa untuk sesegera melahap daging kenyil-kenyul kui.

Disablukan besar ditengahnya ada lubang tempat kaldu kuah mengeluarkan aroma yang kuar biasa, membuat setiap orang yang memandang memainkan air liurnya. Dipinggirnya menggerombol daging kental gemol, tipis bergelambir ada usus krieul melungker, plus jeroan sapi siap digunting oleh bakulnya.

” Aduh cak… Kemecer, aromae. Ayo cak Yono cepet dikit, wes ngiler iki”, kata cak Sumeh penuh tawa.
“Ojo mamang cak sikat wae… Nek iso ditebas wae kikil iki sak wonge”, ujar jizik pendekar Sadar Tua, disambur gerr pembeli lain yang sedari tadi mengamati tingkah laku kami.

Menurut cakYono, tiap hari buka jam dua siang sampai sore rata-rata menghabiskan 80kg daging kikil dan penyedape, awalnya pedagang kikil keliling. Ramenya pembeli ini membuat heran pedagang lain juga pengguna jasanya, ada yang mengira menggunakan jasa penglaris.

” Penglaris? mboten usah pak… Lha kulo njih kaget sakmantune pelanggan kulo ngeshare dateng medsos, njih pacebook, WA, nopo mlebet Yutub. Trus kata sing tumbas, ngantos sakmangke”, cerocos cakYono sambil cengengesan.
Awalnya beberapa pemuda beli pak, sakmangkok dan kugratiskan semangkok jadi dua… Lha besoknya ada photo kulo wonten pacebokk.

Jika sampean melewati pasar Agro Babat dari arah Bojonegoro atau Tuban dikiri jalan. Kalo dari arah Surabaya Gresik Lamongan di arah kanan pasar Agro Plaosan Babat, seporsi Rp20 ribu belum termasuk lontongnya. Patut dicoba, patut dirasakan, maknyuss tenan.

Jika tidak berkenan dilesehan yg dirasa kurang layak, bisa mencicipi kikil mbak Bunga depan SMPN dan kikil depan kantor Kecamatan Babat, 300 m arah barat.
Atau bisa mencicip Pecel Stasiun, Sego Kalongan dan pulang bawa oleh-oleh wingko khas Babat yang nYeng manisnyo. (Arifin Katiq).

Kikil Datot Pasar Agro Babat layak dinikmati
Total Page Visits: 78 - Today Page Visits: 1

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *