Bolamp. -Lamongan- . Sebanyak 60 kepala desa (Kades) hasil Pilkades serentak tahun 2022 yang berlangsung 26 Juli 2022 lalu dilantik dan diambil sumpah Bupati Lamongan, DR. H. Yuhronur Efendi, MBA. di Pendopo Lokatantra Lamongan, jumat (12/8/22).

Ke 60 Kades tersebut, terbanyak berasal dari Kecamatan Glagah sebanyak 6 desa, Kecamatan Paciran 5 Desa dan masing- masing 4 desa Kecamatan Turi, Tikung dan Karanggeneng.

Kemudian 3 desa Kecamatan Deket, Sekaran, Pucuk, Maduran, Babat, Sugio dan Solokuro. Berikutnya 2 desa Kecamatan Sukorame, Mantup, Ngimbang dan Kedungpring. Serta 1 desa masing-masing dari Kecamatan Brondong, Laren, Kalitengah, Karangbinangun, Kembangbahu, Bluluk dan Sukodadi.

Pasca prosesi pelantikan, dihadapan seluruh Kades periode tahun 2022-2028 itu, Bupati Yes mengarahkan agar para kepala desa ini segera menyusun program pembangunan desa yang dituangkan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) yang akan dilaksanakan 6 tahun kedepan.

“Setelah melewati proses perjuangan panjang, pada hari ini patut kita syukuri bahwa jabatan ini adalah amanah maka harus dijalankan sebaik-baiknya. Setelah ini kades harus membuat RPJM Desa, yang isinya adalah sebagai perwujudan dari pembangunan desa yg akan dilakukan 6 tahun kedepan sebagaimana janji-janji kampanye,” uhar pak Yes sapaan akrabnya.

Urgensinya, Pak Yes juga mendorong RPJM Desa tetap berpedoman pada visi misi RPJMD Lamongan 2021-2026 yakni Terwujudnya Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan.

“Desa- desa ini harus menjadi satu kesatuan sehingga program yang dilakukan berseiringan dengan kabupaten,” lanjutnya.

Pak Yes juga menjelaskan, melalui berbagai program prioritas seperti Jamula (Jalan Alus dan Mantap Lamongan), program Perintis (Pendidikan berkualitas dan gratis), Lumbung pangan hingga Penguatan UMKM serta tujuh program prioritas dapat menginspirasi para kades untuk memunculkan potensi masing-masing desa dan menjadi desa mandiri.

Selain memunculkan potensi desa, pada kesempatan tersebut, Pak Yes mengajak para kades untuk cekatan dalam merespon kondisi sosial ekonomi yang terjadi pada warganya.

Semoga secepatnya para Kepala Desa yang dilantik bisa bekerja memajukan wilayah Desanya, selalu berkompetisi, berkomunikasi dengan rakyatnya. Kades juga harus selalu tampil didepan sebagai agen perubahan  guna memunculkan potensi yang ada, agar mampu dan mempunyai data saing yang hebat, terutama incomeben yang harus selalu didepan dan jangan sebaliknya.

Selamat untuk Kades, bekerja bekerja sesuai hanji saat kampanye sebelum pilkades yang dijanjikan dahulu. Semoga selalu amanah dan mendapat petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa. (Fink)

Lantik 60 Kades, Potensi Memunculkan Perubahan
Total Page Visits: 952 - Today Page Visits: 1

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *