Bolamp. – Lamongan –  Beriringan 9 mobil rombongan GEMA YES dan LP-KPK Komcab Lamongan membawa Bantuan untuk terdampak erupsi gunung Semeru Lumajang minggu (12/12)

Gerakan Masyarakat Yakin Ekonomi Sejahtera (Gema Yes) yang dideklarasikan diujung tahun 2021 bekerja sama dengan LP-KPK Komcab Lamongan mengadakan kegiatan mengirim bantuan sembako keperluan hajad hidup yang terdampak erupsi gunung Semeru, sabtu 4 desember 2021.

Rombongan tepat jam 07.00 di depan Pendopo Lokantantra di berangkatkan oleh Bupati Lamongan Dr. Yuhronur Efendi M.Ba didampingi Dandim 0812 Letkol, Kav. Endi Siswanto dengan mengayunkan bendera putih.

Sambutan pemberangkatan Bupati Yes berharap bantuan ini tepat sasaran dan bisa bermanfaat. ” Kegiatan ini merupakan tugas Kemanusiaan, kita harapkan bantuan ini tepat sasaran dan diharapkan disalurkan sesuai kebutuhan dan bermanfaat”, ujar Yuhronur Efendi dengan suara berwibawa.

Iringan rombongan yang tertib dan mengikuti protokol kesehatan sampai keluar Tol Leces. Dari sini menuju TKP jalanan mulai melambat karena banyaknya kendaraan yang menggunakan jalan dan kepentingan yang sama.  Riuh suara sirene baik baik dari instansi resmi, ambulan maupun mobil relawan.

Rombongan Lamongan diterima langsung oleh LP-KPK Komcab Lumajang di Sekretariat di Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang. Usai sholat dan makan siang perjalanan menuju pos Desa Tumpeng Kecamatan Candipuro melalui jalan didesa untuk mempercepat akses.

Dari pos Desa Tumpeng perjalanan menuju pos terdekat dari area terdampak erupsi desa Sumber Wulung. Karena cuaca kurang mendukung rombongan bisa pos terahir Desa Jarit Kecamatan Candipuro yang amat ramai.

Rombongan diterima Bu Kades Jarit, Sofi Y yang berumur setengah baya namun cekatan, mengucapkan terimakasih atas Bantuan dari Lamongan yang sangat bermanfaaat.

” Terimakasih atas bantuan saudara dari Lamongan, bantuan ini amat bermanfaat karena di belakang Balai Desa ini ada pengungsi sekitar 1000 orang menempati ruang kelas SMPN satu atap Jarit”, ujar Bu Kades Jarit.

” Kami sebenarnya butuh dapur umum agar pendistribusian makanan cepat sasaran, dan bantuan sembako dan pakaian layak pakai sudah melimpah. Kalo bisa nanti bantuan di rupakan uang atau material untuk tempat tinggalnya”, ujarnya pasa awak Bolamp dg mewanti-wanti untuk tidak ditulis.

Rasa syok dan trenyuh saat melihat pengungsi dari dusun Sumber Wuluh dan Poncokusumo dan dusun lan yang dekat dengan Desa Jarit Kecamatan Candipuro, perlu sesegera ditangani khususnya selimut untuk malam hari yang dingin.

Gema Yes Lamongan merupakan suatu wadah baru Gerakan Masyarakat Yakin Ekonomi Sejahtera yang diketuai H. Mas nuri dan H. Suparman sebagai pembina sekaligus Pendiri Gema Yes Lamongan.

Saat Ketua Gema Yes ditemui Bolamp disela melihat pengungsi erupsi berkata, ” Dalam suasana seperti ini terdampak erupsi gunung Semeru ini perlu uluran tangan kita semua, kami langsung bergerak untuk memberikan bantuan guna mengurangi beban mereka “.

” Yang kami bawa ini sebanyak 2 mobil bak terbuka berisi bahan sembako, kebutuhan anak-anak, kebutuhan hajat perempuan dan pakaian layak pakai. Semoga kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dan bisa memberi inspirasi warga atau lembaga lain guna membantu meringankan beban mereka”, pesan Ketua Gema Yes H. Masnuri.

Usai melihat langsung dan merasakan penderitaan yang diakibatkan sapaan Gunung Mahameru dengan  muntahan lahar padat, lahar debu maupun lahar panas dan bekas bekas tanaman dan genting yang masih berselimut debu, rombongan kembali ke Lamongan. (Fink)

GEMA YES Lamongan, Mengirim Bantuan untuk Terdampak Erupsi Semeru
Total Page Visits: 442 - Today Page Visits: 1

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *