Inilah Jadwal Debat Cabup – Cawabup Pilkada Lamongan 2024

BOLAMP. NET-LAMONGAN –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menggelar debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Lamongan sebanyak 3 kali selama masa kampanye. Berikut jadwal dan tanggal debatnya.

Menurut Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali, sesuai keputusan nomor 2026 tahun 2024 tentang teknis pelaksanaan kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan, salah satu metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU Lamongan adalah debat publik atau debat terbuka.

Debat publik ini, menurut Mahrus, diikuti oleh calon bupati dan wakil bupati Lamongan Tahun 2024.

“Tujuan dari pelaksanaan debat publik ini adalah untuk menyebarluaskan profil, visi dan misi, serta program kerja para paslon kepada masyarakat, memberikan informasi secara menyeluruh kepada masyarakat sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihannya dan menggali serta mengelaborasi setiap tema yang diangkat dalam kampanye debat publik atau debat terbuka antar paslon,” kata Mahrus kepada media di Lamongan, Senin (14/10/2024).

KPU Lamongan, memfasilitasi penyelenggaraan debat publik antar paslon ini sebanyak 3 kali. Rinciannya, ungkap Mahrus, pada 7 November, 14 November dan 21 November dan untuk tempat penyelenggaraan debat publik bisa digelar di wilayah Provinsi Jatim dan atau di wilayah Lamongan.

“KPU Lamongan memfasilitasi penyelenggaraan debat publik antar paslon sebanyak 3 kali. Jadwal penyelenggaraan, yakni 7 November 2024, 14 November 2024 dan 21 November 2024,” ujarnya.

Selain debat publik, papar Mahrus, KPU Lamongan juga memfasilitasi penyebaran bahan kampanye kepada umum dimana jumlah, jenis dan spesifikasi bahan kampanyenya sudah ditentukan oleh KPU Lamongan. Jumlah bahan kampanye yang difasilitasi KPU Lamongan dicetak paling banyak yakni 1.035.507 untuk setiap paslon.

“Jenis bahan kampanye yang dicetak oleh KPU Lamongan meliputi selebaran, brosur, pamflet dan/atau poster,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pilkada serentak di Lamongan diikuti oleh 2 pasangan calon. Pasangan calon nomor urut 1 adalah pasangan Abdul Ghofur – Firosya Shalati (Bagus) yang diusung oleh PKB, Partai Demokrat dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sedangkan pasangan calon nomor urut 2, adalah pasangan Yuhronur Efendi – Dirham Akbar Aksana (Yes-Dirham) yang diusung koalisi 14 parpol yang ada di Lamongan.

Ke 14 parpol di Lamongan yang mendeklarasikan diri untuk mendukung dan mengusung pasangan Yuhronur Efendi-Dirham ini diantaranya adalah 9 partai yang memiliki kursi di DPRD Lamongan yaitu Gerindra, Partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, Partai Nasdem, PPP, PKS dan Partai Ummat. Sementara, 5 parpol non parlemen terdiri dari Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Gelora, dan Partai Bulan Bintang.*(AKaota).

Catat, Jadwal Debat Terbuka Pilkada Lamongan 2024 Ghofur-Firosha VS Yes-Dirham
Total Page Visits: 206 - Today Page Visits: 26

Navigasi pos