BOLAMP.NET -LAMONGAN – 
Bulan Agustus selalu diadakan gelaran Upacara Bendera Merah Putih memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 tepat berusia 79. Kendala krusialnya berada di tiang bendera yang rusak atau lepas sehingga harus ada seseorang yang berani memanjat tiang bendera itu.

Salah satu aksi heroik dilakukan oleh seorang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lamongan yang nekat naik ke tiang bendera saat tali Bendera Merah Putih terlepas dari pengaitnya.

Momen ini terjadi saat upacara peringatan HUT ke 79 RI yang berlangsung di Lapangan Penanjan, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Aksi Ghofur ini pun lantas viral di media sosial di Lamongan.

Dalam video yang beredar, tampak Ghofur memanjat tiang bendera dan memperbaiki pengait bendera yang lepas. Ghofur dengan cekatan melepas sepatu dan juga sabuknya untuk kemudian memanjat tiang bendera.

  1. Camat Paciran, Samian saat dikonfirmasi awak media membenarkan kejadian ini. Samian menuturkan, kejadian lepasnya pengait bendera itu terjadi ketika lagu Indonesia Raya sudah berkumandang. “Ya tadi pada saat upacara HUT ke 79 RI di Kecamatan Paciran terjadi insiden pengait bendera mengalami kerusakan,” kata Samian.

Peristiwa itu terjadi saat petugas pengibar bendera hampir saja menyelesaikan tugasnya. Saat itu, ungkap Samian, lagu Indonesia Raya sudah selesai berkumandang, tiba-tiba saja Bendera Merah Putih terlepas dari pengaitnya.

Melihat hal ini, terang Samian, Ghofur yang adalah staf di Pemerintahan Kecamatan Paciran ini secara spontan dengan sikap heroiknya memanjat tiang bendera dan mengambil tali pengait bendera yang ada di atas, sehingga bendera bisa kembali berkibar.

“Pak Ghofur langsung memanjat tiang dan mengambil tali pengait bendera yang ada di atas dan diberikan kepada pengibar bendera dan bisa berkibar lagi dengan sempurna,” tuturnya.

Aksi spontan dan heroik Ghofur ini menuai apresiasi dari berbagai pihak. Peserta upacara yang ketika itu berada di lapangan pun memberikan tepuk tangannya kepada Ghofur yang dengan gagah berani memanjat tiang bendera.

Apresiasi juga datang dari orang nomor satu Lamongan. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi juga mengapresiasi aksi heroik Ghofur ini. Bahkan, Ghofur akan diundang oleh Bupati Lamongan pada malam resepsi HUT ke 79 RI di pendopo Lokatantra Lamongan, Sabtu.

“Nanti malam Pak Ghofur juga diundang oleh Pak Bupati pada acara resepsi HUT RI di Pendopo Kabupaten untuk diberikan apresiasi,” pungkas Samian.

Hingga berita ini tayang, sebagai apresiasi dan penghargaan pada Abdul Ghofur itu Bupati  Lamongan Yuhrohnur Efendi memberikan hadiah sepeda motor.

▪︎Babinsa Bojonegoro

Peristiwa yang sama juga terjadi di lapangan Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Sabtu (17/8/2024) ketika seorang anggota TNI Angkatan Darat (AD)  Babinsa Posramil 19/Gondang Kodim 0813 Bojonegoro, Serda Arik Setiawan, terekam dalam sebuah kamera video  ketika upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI sedang berlangsung.

Dia dengan sigap memanjat tiang bendera, lantaran cincin pengait yang ada di bendera merah putih mengalami patah pada saat pembentangan bendera. Sehingga tali terlepas dan terlanjur tertarik ke atas saat upacara pengibaran bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan RI yang mengusung tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Aksi heroik Babinsa Posramil 19/Gondang Kodim 0813 Bojonegoro ini pun banyak menuai pujian dari masyarakat yang hadir untuk menyaksikan pelaksanaan upacara tersebut.

“Anggota kami memang langsung naik keatas tiang bendera setelah mencopot sepatu PDL nya. Padahal angin saat itu sangat kencang, bahkan saat Serda Arik Setiawan di pucuk, tiang bendera melengkung,” ungkap Danposramil 0813-19/Gondang.▪︎*(DSweto/AKaota).

Aksi Heroik Ghofur Satpol PP Paciran, Panjat tiang Bendera saat Upacara Agustusa
Total Page Visits: 1413 - Today Page Visits: 1

Navigasi pos