BOLAMP NET – LAMONGAN –
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi launching tiga motif batik Lamongan terbaru, Sabtu (20/7) di Hall Watungkal Edupark Sendang AgungΒ  malam ini. Tiga motif batik tersebut merupakan hasil kreasi dari masyarakat Sendang Agung, Kecamatan Paciran.

β€œSenang sekali malam ini koleksi batik di Lamongan bertambah. Karena saya launching tiga motif batik Lamongan sekaligus. Tiga motif ini tentu hasil masyarakat Lamongan, tepatnya Desa Sendang Agung,” tutur Bupati yang akrab disapa Pak.

Tiga motif batik Sendang Agung tersebut diantaranya ialah, batik motif Rontal yang menggambarkan daun siwalan di Desa Sendang Agung sangat multifungsi sebagai bahan kerajinan tangan.

Selanjutnya ada batik motif Sego Langgi, Sego Langgi adalah salah satu makanan khas Desa Sendang Agung. Yang Mana didalamnya berisi nasi putih, sambal kelapa parut, sayuran, dan pucuk daun yang berjumlah tujuh, hidangan ini biasanya disuguhkan pada saat nisfu sya’ban. Dan yang terakhir adalah batik dengan motif Tari Rahayuning Sendang Agung, motif ini menggambarkan kesejahteraan masyarakat Sendang Agung yang hidup berdampingan dengan kerajinan dan seni budaya.

Salah satunyaΒ  musik jedor yang masih eksis hingga kini, musik tradisional ini dapat kita temui dalam kegiatan khitanan hingga pernikahan.

Seluruh motif batik terbaru dari Desa Sendang Agung ini merupakan hasil karya dari generasi muda di Kabupaten Lamongan. Pada bula April lalu, Pemerintah Desa Sendang Agung menggelar lomba desain batik yang mengusung tema potensi Desa Sendang Agung.

Menurut orang nomor satu di Kota Soto, kegiatan tersebut merupakan bagian dari mengenalkan warisan budaya kepada generasi bangsa.

β€œBatik ini memiliki nilai budaya dan seni yang sangat tinggi. Dari zaman dahulu, SendangAgung sudah menjadi pusat batik di Lamongan. Potensi ini harus terus dipertahankan, salah satu upayanya ialah mengenalkan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa,” terang Pak Yes.

Sebelumnya, Desa Sendang Agung tercatat sudah memiliki karya batik dengan motif Bandeng Lele, Singo Mengkok, Nam Katil, Kawung, Sekar Jagat, dan lainnya. Tiga motif terbaru akan menjadi koleksi terbaru yang tak kalah menarik.

Memiliki tujuan utama meningkatkan kapasitas UMKM setempat, Desa Sendang Agung juga melakukan pembinaan kepada seluruh pengrajin batik dan penjahit baju setempat.

β€œPada bulan Mei, kita lakukan pembinaan kepada penjahit dan pengrajin batik disini. Tujuannya agar mereka semua dapat memaksimalkan kapasitas yang dimiliki untuk mengembangkan potensi Desa Sendang Agung,” ungkap Kepala Desa Sendang Agung Panut Supodo.

Hasil pembinaan itu langsung ditampilkan pada kegiatan Sendang Agung Batik Fashion (SBF) 2024. Fashion show dengan memeragakan tiga motif batik terbaru tersebut digelar selama dua hari (19-20 Juli). Dari kategori SMP/SMA, umum, dan UMKM akan diambil tiga juara dan dua juara harapan (setiap kategori). *(DSweto/AKaota)

Lounching 3 Corak Batik Sendang Agung Lamongan
Total Page Visits: 719 - Today Page Visits: 1

Navigasi pos